Seasonal campaign merupakan strategi yang memanfaatkan periode perayaan tertentu dan perubahan siklus untuk meningkatkan penjualan dan keterlibatan konsumen. Strategi ini bertujuan untuk merancang kampanye yang relevan dengan tema musiman, menarik konsumen selama momen-momen kusus, meningkatkan kesadaran merek, memperkuat hubungan emosional, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

Salah satu merek Indonesia yang menggunakan teknik seasonal campaign adalah sirup Marjan. Kalian ada ngga sih yang kalo liat iklan Marjan di tv langsung sadar kalo sebentar lagi bulan Ramadhan atau kalo udah mau bulan Ramadhan kalian malah nunggu-nunggu iklan Marjan?

Nah kalo iya, berarti Marjan berhasil nih dengan strategi marketing mereka untuk menjadi brand top of mind di Indonesia. Marjan sukses membuat kalian sadar bahwa Marjan hadir saat bulan Ramadhan tiba. Oleh karena itu Marjan menjadi brand yang identik dan selalu dikaitkan dengan bulan Ramadhan.

Marjan memaanfatkan momentum Ramadhan untuk mempromosikan dan menjual produk mereka secara efektif dan inovatif dengan menggunakan iklan menggunakan teknik CGI yang bagus dan storytelling yang diangkat dari cerita rakyat. Walau iklan Marjan hadir setahun sekali, Marjan berhasil membuat konsumen menunggu hadirnya iklan Marjan menjelang bulan Ramadhan.

Marjan juga menggunakan iklan bersambung (serial advertising) yang bertujuan untuk menarik perhatian dan minat konsumen serta membangun hubungan emosional. Iklan Marjan yang menarik dan out of the box menjadi pendukung strategi seasonal marketing Marjan.